Instrumen evaluasi diri ini digunakan untuk mengungkap kelebihan dan kekurangan sekolah bila dibandingkan dengan delapan standar nasional pendidikan seperti telah dijelaskan diatas. Responden yang mengisi instrumen Di satu sekolah jumlah responden yang dibutuhkan, untuk kepala sekolah, satu orang, (2) untuk guru, minimum sama dengan jumlah mata pelajaran yang ada di sekolah itu dan maksimum 30 guru, (3) untuk siswa minimum 30 dan maksimum 60 siswa.
Hal yang harus diperhatikan adalah, siswa yang menjadi responden harus siswa yang mengikuti mata pelajaran atau guru yang dinilai/diberi masukan. Selain itu, di sekolah juga ada Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang bertugas memasukkan atau meng-entrydata dari responden ke program excel EDS atau instrumen elektronik EDS.Istrumen EDS terdiri dari data umum, instrument induk dan angket, guru, siswa dan komite sekolah, dengan memakai format yang menekankan pada perolehan tahapan setiap standar, yakni 1, belum memenuhi SPM, hampir memenuhi SPM, Sekolah telah melampaui SPM. Semua data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data tentang kondisi sekolah saat ini untuk dijadikan dasar penyusunan program menuju tercapainya kondisi lembaga yang dicita-citakan. Data yang diperoleh dari evaluasi diri hendaknya diperoleh dari semua pihak, baik data kualitatif maupun kuantitatif sehingga diperoleh informasi yang komprehensip.
Data evaluai diri dikumpulkan dengan cara meminta responden untuk mengisi instrumen evaluasi diri.Instrumen evaluasi diri ini digunakan untuk mengungkap kelebihan dan kekurangan sekolah bila dibandingkan dengan delapan standar nasional pendidikan seperti telah dijelaskan diatas. Responden yang mengisi instrumen ini adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan siswa.
Istrumen EDS terdiri dari data umum, instrument induk dan angket, guru, siswa dan komite sekolah, dengan memakai format yang menekankan pada perolehan tahapan setiap standar, yakni 1, belum memenuhi SPM, hampir memenuhi SPM, Sekolah telah melampaui SPM. Semua data yang diperoleh dengan cara mengumpulkan data tentang kondisi sekolah saat ini untuk dijadikan dasar penyusunan program menuju tercapainya kondisi lembaga yang dicita-citakan. Data yang diperoleh dari evaluasi diri hendaknya diperoleh dari semua pihak, baik data kualitatif maupun kuantitatif sehingga diperoleh informasi yang komprehensip. Data evaluai diri dikumpulkan dengan cara meminta responden untuk mengisi instrumen evaluasi diri. Unduh Aplikasinya disini "Download Aplikasi EDS 2017 Format Microsoft Excel Plus Rekapitulasi dan Grafik EDS Versi Baru"